Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang - Memasuki pertengahan tahun 2014, Yamaha semakin kokoh mempertahankan dominasi produk kelas sport sepeda motor roda dua di tanah air. Dominasi Yamaha dimulai sejak munculnya V-ixion tahun 2007 yang merupakan motor injeksi pertama di Indonesia. V-ixion berhasil merajai penjualan secara nasional dimana share type ini hanya bekisar 5%-7% dari total penjualan semua merk kala itu, yakni sekitar 4,72 juta.
Dominasi kelas sport terus berlanjut sampai saat ini, ditambah dengan hadirnya varian baru dalam keluarga Yamaha yakni R Series, YZF R15
(Baca: R One Five) dan YZF R25
(Baca: R Two Five). Kehadiran kedua type sport ini paling dinanti dan diminati oleh konsumen Indonesia karena menghadirkan keunggulan teknologi yang tidak dimiliki oleh kompetitornya. R15 dan R25 merupakapan keluarga termuda dari DNA R-Series yang terkenal dengan 5 (lima) ciri khasnya, yakni,
Pada dasarnya penggila motor sport Indonesia sudah menunggu hampir enam tahun sejak muncul YZF R15 ver 1.0 (2008), namun pabrikan Yamaha baru menghadirkannya di tahun 2014 ini. YZF R15 baru diperkenalkan pasar sejak Maret sedangkan untuk YZF R25 baru mengaspal dijalanan per Mei 2014.
Antusiasme konsumen Indonesia ini dibuktikan dengan "
Strategi Penjajakan Pasar" oleh
YIMM (Yamaha Indonesia Manufacturing) melalui Program Indent Online. Sistem indent ini ternyata mendapat respon sangat positif di seluruh Indonesia.
Tak lebih dari 24 Jam, Yamaha R15 langsung terpesan 1.500 unit, bahkan untuk Yamaha R25 lebih hebat lagi karena berhasil menjaring konsumen sebanyak 2.600 unit dalam waktu 25 jam.
Saya melihat
tidak hanya sekedar karena pertumbuhan ekonomi yang memicu pertumbuhan daya beli masyarakat menengah saja seperti yang pernah diungkapkan oleh Eko Prabowo,
GM Marketing Communication & Community Development Yamaha Indonesia, akan tetapi karena
keberhasilan Yamaha membangun image bertahun-tahun sebagai produsen sepeda motor yang
kencang, irit dan sporty sesuai dengan jiwa anak muda masa kini.
Image Development ini didukung dengan endorser yang sangat kuat citranya dengan anak muda dan kecepatan yakni Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Apalagi image ini terus didorong dengan iklan komersial, sponsorship siaran langsung balapan motor, membangun komunitas pengendara, gathering pelanggan, serta kegiatan mendatangkan endorser-nya ke Indonesia.
Lalu, seperti apakah YZF R15 dan R25 yang telah menyita perhatian publik di Indonesia ini ?
Yamaha R15 diciptakan dengan melihat kehandalan dan ketangguhan Yamaha V-Ixion. Mengusung daya tahan mesin yang telah disempurnakan, R15 mempunyai performa mesin yang lebih dahsyat dan irit dalam bahan bakarnya. Dengaan kecapatan standart rata-rata 65 km / jam, 1 liter bensin dapat menembuh jarak 48 km. Jelas ini sangat efesien dengan mesin ber cc 150 LC4V.
Menyoal rahasia keiritan motor ini adalah karena mesin terlah berteknologi Fuel Injection dengan dukungan Forged Piston dan Dyacil Cylinder yang awet dan kuat karena mengadopsi teknologi balap MotoGP yang dipakai Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Pabrikan Yamaha bahkan memberikan garansi hingga 5 tahun untuk kedua instrumen part tersebut.
Tenaga yang dihasilkan dari mesin 150 cc ini mencapai 16,3 hp pada 8.500 rpm dan torsi 14,5 Nm pada 7.500 rpm. Adapun kompresi silindernya 10,4:1. Mengimbangi tenaga yang dihasilkan tersebut, R15 sudah mengaplikasikan sistem transmisi enam percepatan dengan pola 1-N-2-3-4-5-6.
Untuk memberikan pengalaman mengendarai motor sport sejati, body motor yang disusun atas rangka berjenis Delta Box ini dibalut instrumen body yang 'Full Fairing' dual layer yang aerodimais dengan ventilasi udara yang mampu menjaga stabilitas suhu mesin.
Kesan sportinya lebih kentara dengan model tempat duduk 'Split Seat'. Jelas sekali bahwa ini berbeda dengan pendahulunya yakni New V-Ixion yang masih menggunakan konsep standart 'Naked Sport' dengan doble seat.
R15 sangat unik dan diciptakan untuk segmentasi anak muda pria usia 17 hingga 25 tahun dengan tingkat ekonomi kelas menengah dan berdomisili di perkotaan. Artinya harga tidak lagi menjadi masalah bagi mereka apalagi dengan teknologi yang dimiliki oleh R15. Walaupun dibandroll dengan harga Rp. 28 Jt, akan tetapi harga ini jauh lebih ekonomis dengan kompetitornya, semisal CBR150 yang mematok harga diatas 40 Juta-an.
Banyak fitur unggulan yang tidak dimiliki oleh kompetitornya tersebut. Fitur-fitur unggulan dalam motor ini, memberikan sensasi pengalaman mengendari motor Super Bike sejati. Ini dia fitur-fitur unggulan yang merupakan pengembangan dari model pendahulunya yakni New V-Ixion, sebagai berikut :

|
|
|
Speedometer multifungsi berdesign mutahir sehingga tampilannya sporty dan bergaya.
|
Designya sama dengan YZF R1 yang didesign langsung oleh Valentino Rossi. Genggaman sempurna, mantap, nyaman dan keren.
|
Pertama di Indonesia, Swing Arm berbahan alumunium padat dengan truss structure ala Super Bike, stabil, kokoh dan gagah.
|
|
|
|
Rangka yang kuat dan kokoh seperti Super Bike, makin gagah dan makin awet.
|
Tampilan Jok ala Super Bike sejati yang anti slip membuat nyaman pengendara dan lebih percaya diri.
|
Design lampu ala Super Bike menghasilkan pencahayaan yang teran dan super keren. Fitur AHO (Automatic Headlamp On) di sisi kiri dan lampu jauh di sisi kanan
|
|
|
|
Pertama di Indonesia, lampu belakang LED berdesain modern dan memastikan gaya yang super keren
|
Mesin Fuel Injection berkapasitas 150 cc dengan 6 percepatan, menghasilkan performa dan konsumsi bahan bakar yang optimal untuk penggunaan sehari-hari.
|
Ban lebih besar dan kokoh, mampu mencengkeram aspal lebih sempurna dan stabil.
|
Karena berangkat dari kehandalan New V-ixion maka ada beberapa spec yang tetap dipertahankan di R15 ini. Untuk memperjelas coba lihat point to point dengan men-click spoiler dibawah ini.
R15 diproduksi dengan mengunakan warna-warna yang identik dengan DNA R-Series yang sporty, maskulin dan gagah. Berikut tiga pilihan warna tersedia,
Yamaha R25 disebut juga sebagai "The Baby M1". Sangat beralasan sekali jika melihat pengembangannya dimulai dari lintasan balap Yamaha YZR-M1 yang juga melibatkan pembalap juara dunia MotoGP, Valentino Rossi (VR).
R25 yang dibandroll harga sebesar Rp 53.5 Jt menjadi penantang utama pada segment ini dimana hadir pula Honda CBR 250 dan Kawasaki Ninja 250, juga dengan kisaran harga yang tidak terpaut jauh.
The Baby M1 ini meneruskan generasi mesin 4 langkah, 2 silinder segaris berkapasitas 250 cc, DOHC direct drive camshaft 8 katup. Kompresi mesin dinaikan 1,2 dibanding dengan R15 sehingga mencapai 11,6 : 1. Performa dan kedahsyatan mesin R25 mampu menghasilkan tenaga mencapai 36 hp pada 12.000 rpm dengan torsi 22,6 Nm pada 10.000 rpm.
|
|
|
Pertama di Indonesia. Lampu depan agresif dengan sudut angle yang unik, menghasilkan pencahayaan yang lebih terang, tajam dan fokus. Layaknya Predator yang siap memangsa..
|
Desain speedometer yang racy & multifungsi, dilengkapi Shift Gear Lamp Indicator yang membantu pengendara melakukan perpindahan gigi pada RPM yang tepat untuk meraih tenaga maksimal.
|
SUPER SPORT LED TAIL LIGHT
Lampu belakang Full LED yang modern dan Sporty, terinspirasi dari YZF-R1. Pertama di Kelasnya.
|
|
|
|
Tampilan Jok anti slip ala Super Sport sejati, mendukung performa Sporty Riding yang Optimal.
|
ALLUMUNIUM CAST WIDE WHEEL & WIDE TIRE
Velg lebar berbahan aluminium alloy yang KUAT & RINGAN, serta dibalut dengan ban tubeless TAPAK LEBAR, tampilan khas Super Sport Sejati dan performa berkendara yang maksimal.
|
Tampil Sporty dengan dimensi Compact dan memberikan keseimbangan Center of Gravity yang sempurna. Menghasilkan suara Super Sport Berkarakter, yang mampu menggetarkan jiwa pengendaranya.
|
|
|
|
ASYMMETRICAL REAR ARM & TWIN TUBE REAR SUSPENSION BY KYB
Lengan ayun ASIMETRIS berbahan baja yang KUAT & KOKOH menghasilkan pengendalian LEBIH STABIL dan suspensi belakang Monocross Twin-Tube menghasilkan HANDLING MANTAP & STABIL saat menikung pada kecepatan tinggi.
|
FOALTING FRONT DISC BRAKE & BIGGEST TUBE FRONT SUSPENSION
Sistem pengereman dilengkapi cakram tipe floating berukuran 298 mm & 2 pot kaliper membuat PENGEREMAN LEBIH OPTIMAL dengan Inner Tube suspensi depan berukuran 41 mm terbesar dikelasnya sehingga menghasilkan HANDLING MANTAP & STABIL saat menikung pada kecepatan tinggi.
|
|
PERBANDINGAN
|
SPESIFIKASI
|
YZF R15
|
YZF R25
|
|
4 Langkah, 8 Valve DOHC, Berpendingin Cairan
|
4 Langkah, 8 Valve DOHC, Berpendingin Cairan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12,2 KW (17 PS) / 8.500 Rpm
|
26,5 KW (36 PS) /12.000 Rpm
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Total : 1,15 L, Berkala: 0,95 L, Ganti Filter Oli: 1 L
|
Total : 2,40 L, Berkala: 1,80 L, Ganti Filter Oli: 2,10 L
|
|
|
|
|
Basah, Kopling Manual, Multiplat
|
Basah, Kopling Manual, Multiplat
|
|
|
|
Pola Pengoperasian Transmisi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
1,970mm x 670mm × 1,070mm
|
|
|
|
|
Jarak Terendah Dengan Tanah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Suspensi (Depan/Belakang)
|
Telescopic/ monoshock monocros
|
Telescopic/ monoshock monocros
|
|
|
|
|
Cakram Hydraulic Single Piston
|
Cakram Hydraulic Double Piston (Depan) - Single Piston (Belakang)
|
|
|
|
Mengakhiri review ini dapat ditandaskan bahwa hegemoni Yamaha di segmen sport baik kelas 150 cc maupun 250 cc semakin kokoh. Ini menunjukan bahwa
Yamaha R15 dan Yamaha R25 Motor Sport Racing dan Kencang tidak hanya pada spesifikasi teknisnya saja akan tetapi juga kencang dalam penjualan.
Tak menutup kemungkinan sukses Yamaha di segment ini menjadi jalan lapang untuk merebut kembali tahta sebagai market leader penjualan sepeda motor roda dua di Indonesia, yang sementara ini masih dipegang oleh merk lain.